ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Posted: April 8, 2011 in Uncategorized
  1. Jelaskan mengenai Neraca menurut yang anda ketahui ?

Jawabanya :

Neraca (Balance Sheet atau Statement of Financial Position) adalah   bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aktiva, kewajiban, dan modal yang dihubungkan dengan persamaan berikut:

aktiva = kewajiban + modal

Informasi yang dapat dilihat dari neraca antara lain adalah posisi sumber kekayaan perusahaan dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan perusahaan tersebut dalam suatu periode akuntansi (bulanan, riwulan, kwartal, atau tahunan).

 

2.   Per tanggal berapa, tanggal neraca disajikan dan mengapa ?

Jawabanya :

Pada tanggal 30/31 akhir bulan dikarenakan perusahaan merekap  semua transaksi hutang dan puitang yang membutuhkan waktu yg begitu lama untuk menyajikan semua laporan keuangan dalam neraja lajur dan setelah semua di selesaikan barulah diserahkan kepada pimpinan.

 

3.   Bagaimana persamaan keseimbangan untuk suatu neraca ?

Jawabanya :

  • Perusahaan menyajikan aktiva lancar terpisah dari aktiva tidak lancar dan kewajiban jangka pendek terpisah dari kewajiban jangka panjang kecuali untuk industri tertentu diatur dalam SAK khusus. Aktiva lancar disajikan menurut ukuran likuiditas sedangkan kewajiban disajikan menurut urutan jatuh tempo.
  • Perusahaan harus mengungkapkan informasi jumlah setiap aktiva yang akan diterima dan kewajiban yang dibayarkan sebelum dan sesudah dua belas bulan dari tanggal neraca.

Apabila perusahaan menyediakan barang atau jasa dalam siklus operasi perusahaan yang dapat diidentifikasi dengan jelas, maka klasifikasi aktiva lancar dan tidak lancar serta kewajiban jangka pendek dan jangka panjang dalam neraca memberikan informasi yang bermanfaat dengan membedakan aktiva bersih sebagai modal kerja dengan aktiva yang digunakan untuk operasi jangka panjang.

 

4.   Mengapa laporan tahunan menyajikan neraca, L/R, & arus kas lebih dari 1 tahun, jelaskan menurut pendapat kalian ?

Jawabanya :

Dengan menyajikan neraca, L/R dan arus kas yang waktunya lebih dari 1 tahun merupakan perusahaan yang sangat ingin melihat perubahan-perubahan pada transaksi atau perkiraan dalam suatu laporan keuangan nya dengan tahun sebelumnya, apakah naik dan turunya suatu aliran kas pada perusahaan tersebut.

 

5.   Sebutkan jenis2 dari kewajiban perusahaan ?

Jawabanya :

  • Hutang adalah kewajiban perusahaan pada pihak ketiga untuk melakukan sesuatu yang pada umumnya dalah pembayaran uang, penyerahan barang maupun jasa pada waktu-waktu tertentu.
  • Modal / Capital adalah hak milik atas kekayaan dan harta perusahaan yang berbentuk hutang tak terbatas suatu perusahaan kepada pemilik modal hingga jangka waktu yang tidak terbatas. Rumus modal adalah harta atau aset dikurangi dengan kewajiban atau hutang.
  • Liabilitas jangka pendek
  • Liabilitas jangka panjang
  • Laba Rugi perusahaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s