SIKLUS HIDUP SISTEM

Posted: November 21, 2010 in Uncategorized

SIKLUS HIDUP SISTEM

  • SIKLUS HIDUP SISTEM

Siklus hidup system adalah deskripsi dari tugas implementasai yang akurat yang harus dilakukan. Polanya didasarkan pada pendekatan system yaitu dengan memahmi apa yang akan dilakukan, mempertimbangkan pemecahan alternative, menentukan yang terbaik , mengimplementasikannya, dan melakukan tindak lanjut. Interpretasi siklus hidup ada empat fase yaitu :

a)    Fase perencanaan, yang merupakan tanggung jawab manajer, manajermen definisikan masalah yang akan dipecahkan atau tujuan yang akan dicapai, dan spesialis informasi memberikan dukungan kepadanya dan diperlukan pengontrolan atas proses yang dijalankan oleh spesialisin formasi.

b)   Fase analisis dan disain adalah studi mengenai system yang dilakukan oleh analis system.

c)    Fase penimplementasian melibatkan semua spesialis informasi yang menyusun sumber yang diperlukan.

d)   Fase pengoprasian, spesialis informasi terutama operator, menjadikan sumber agar dapat digunakan oleh pemakai.

  • TANGGUNG JAWAB TERHADAP PROYEK CBIS

ü  Komite SIM

Tujuan steering committee (komite pengarah) adalah untuk memberikan pedoman pelaksanaan,  pengarahan, dan pengontrolan. Bila perusahaan menetapkan steering committee dengan tujuan untuk mengarahkan penggunaan sumber komputerisasi perusahaan, maka biasanya akan digunakan istilah SIM committee (komiteSIM). Fungsi dari komiteSIM adalah untuk menetapkan kebijaksanaan guna untuk memastikan dukungan computer terhadap tujuan perusahaan, juga memberikan pengontrolan fiscal dengan cara bertindak sebagai yang berwenang memberpersetujuan untuk pemintaan dana yang ada kaitannya dengan computer dan mengatasi konflik yang berhubungan dengan proiritas penggunaan computer, yang muncul dalam perusahaan.

  • TEAM PROYEK

Tanggung jawab dari team proyek adalah untuk mengimplementasikan system ertentu untuk memenuhi kebutuhan perorangan atau kelompok dalam organisasi.

  • DASAR PERENCANAAN CBIS

ü  MANFAAT DARI PERENCANAAN PROYEK CBIS

  1. Mendefinisikan lingkup proyek membantu estimasi awal dalam menentukan skala sumber yang dibutuhkan.
  2. Mengetahui bidang masalah yang potensial dapat mengetahui hal yang mungkin akan mengalami masalah, sehingga dapat mencegahnya.
  3. Mengatur urutan tugas disusun dalam urutan yang logis berdasarkan prioritas informasi dan keperluan efisiensi.
  4. Memberikan dasar pengontrolan sebelumnya tiap team proyek harus mendefinisikan apa yang perlu dikerjakan, siapa yang akan mengerjakan, dan kapan pekerjaan itu akan dilakukan. Tim menyampaikan ini pada komite SIM, sehingga komite dapat melakukan pengontrolan seluruh proyek tersebut.
  • Dua cara perencanaan alternative untuk melakukan proyek CBIS adalah
  1. Objective orientation (orientas tujuan) digunakan bila CBIS gagal dilakukan.
  2. Problem orientation (orientasi masalah) digunakan system yang telah ada hanya perlu dimodifikasi agar dapat menangani masalah lebih baik.
  • FASE PERENCANAAN
  1. MENGENALI MASALAH CBIS yang diprakarsai eksekutif memiliki dua karakteristik yaitu, mempunyai cakupan yang luas dan berpengaruh terhadap tampilan jangka panjang perusahaan. Permintaan pelaksanaan proyek CBIS berasal dari manajer tingkat bawah. Karena tiap hari mereka berhubungan dengan system mereka, sehingga lebih tau kesulitan dan peluang yang ada. Spesialis informasi bekerja dibalik layar, sehingga tidak mengetahui adanya masalah pada proyek CBIS. Sehingga dia membutuhkan bantuan dari orang lain yang mengetahui adanya masalah.
  2. MENDEFINISIKAN MASALAH Manajer hanya perlu mengidentifikasi dimana masalah itu berada dan apa kesalahan umumnya lalu mencari pemecahannya. Jika manajer tidak ingin melakukan end user computing, maka dia meminta bantuan kepada spesialis informasi.
  3. MENYUSUN  TUJUAN  SISTEM Tujuan dari sebuah system adalah untuk menentukan kebutuhan informasi. Dana akhirnya informasi tersebut menentukan criteria penampilan CBIS yaitu standart penampilannya.
  4. MENGIDENTIFIKASI KEADAAN SISTEM CBIS akan beroprasi jika banyak kendala. Beberapa kendala tersebut diakibatkan oleh lingkungan luar. Sebaiknya semua kendala di identifikasi sebelum pekerjaan CBIS dimulai. Agar, disain CBIS bias diarahkan untuk mengatasi kendala tersebut.
  5. MELAKUKAN STUDI KELAYAKAN Analis system mengumpulkan informasi untuk melakukan stud ikelayakan. Sehingga manajer dapat memecahkan masalah yang telah di definisikan atau mencapai tujuan yang diinginkan. Lima dimensi kelayakan proyek:
  • Teknis : computer dapat mekalukan proses yang diperlukan.
  • Ekonomis : Sistem dapat diatur secara ekonomis.
  • Resmi
  • Oprasional : system akan dan dapat menerima dukungan dari user.
  • Terjadwal : untuk mengimplementasikan system tidak ada.
  1. MEMBUAT PROPOSAL PROYEK STUDI Studi system akan memberikan  dasar yang lengkap untuk disain system baru, mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.
  2. MEMBUAT PROPOSAL PROYEK STUDI Studi system akan memberikan dasar yang lengkap untuk disain system baru, mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.
  3. MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI PROYEK STUDI
  4. MENETAPKAN MEKANISME PENGONTROLAN Pengontrolan proyek dilakukan agar dapat dipastikan bahwa biaya dan waktu memadai. Pengontrolan proyek meliputi spesifikasi apa yang perlu dilakukan, siapa yang akan melakukannya, dan kapan pelaksanaannya.

a)    Apa yang perlu dilakukan Komite SIM menggunakan studi kelayakan untu mengidentifikasi pekerjaan yang akan di adankan oleh CBIS.

b)   Siapa yang akan melakukannya CIO, yang mewakili komite SIM, selanjutnya memutuskan siapa yang akan melakukan tiap‐tiap pekerjaan subsistem. Spesifikasi disain umum mengidentifikasi jenis pekerja yang dibutuhkan.

c)    Kapan pekerjaan akan dilakukan Pengetahuan mengenai tugas dan siapa yang akan melakukanny telah diketahui. Hal ini memungkinkan CIO bisa memperkirakan jumlah waktu yang akan digunakan untuk rnelakukan pekerjaan tersebut.

  • FASE ANALISIS DAN DISAIN

1.Mengumumkan Proyek Studi Jika perusahaan mengimplementasikan jenis aplikasi kornputer yang baru, maka manajemen harus bisa meredakan kekhawatiran para pekerja. Cara terbaik untuk menghilangkan kekhawatiran mereka adalah dengan menjelaskan apa yang akan dilakukan oleh komputer.

2.Staf Untuk Proyek Studi Team atau beberapa team proyek yang akan melakukan studi sistem diatur nama atau disusun. Sebuah team terbentu kata para pemakai dan satu analis sistem atau lebih.

3.Mendefinisikan Keperluan Informasi Analis harus mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan informasi dari pemakai. Analis tersebut adalah dengan melakukan:

  1. Interview Perorangan
  2. Obeservasi
  3. Pencarianv Record
  4. Survey

Permasalahan Kasus

THE PET STORE AG
Anda telah bekerja didivisi jasa informasi dari perusahaan induk Pet Store di Cedar Rapid selama 10 tahun.dan sedang menanjak menjadi direktur pengembangan sistem .Bulan lalu Anda dipilih untuk menjadi CIO dari anak perusahaan yang baru dijerman,yang diperoleh dari pemilik lama melalui bursa saham.Cio yang lama mengundurkan diri dan anda menggantikan kedudukannya,
Robert Jones dipertahankan sebagaidirektur utama Pet Store AG ,dan anda bertemu sebentar dengannya saat kedatangan Anda di Franfurt.Anda tidak pernah bekerja di Ewropa tetapi telah menyinggung hal ini dalam percakapan Anda dengan Robert dan mengungkapkan keinginan untuk menetapkan tingkat etika yang tinggi dalam operasi IS .Anda secara singkat menjelaskan rencana tindakan 10 langkah yang telah Anda baca di artikel majalah karangan Donn Parker.Anda terkejut saat mengetahui bahwa Pet Store AG sama sekali tidak memiliki budaya etika tidak menghalangi Anda mencapai Program Anda sendiri untuk memastikan operasi komputer yang etis .”Teruskan dan kerjakan apa yang perlu Anda lakukan”katanya”
Anda kembali keruang kerja Anda dan mengambil artikel Parker dari salah satu kardus Anda.Dengan membaca sekilas ,Anda melihat bahwa sebagian langkah –langkah itu tidak akan sukar untuk dilaksanakan diperusahaan yang tidak memiliki budaya etika.Namun,sebagianmembuat Anda berpikir dua kali mengenai keputusan anda untuk melaksanakannya sendiri.Anda memutuskan untuk menulis memo kepada Robert ,mendaftarkan langkah-langkah tersebut dan memberikan tingkat kesulitan untuk tiap langkah.Strategi Anda adalah menggunakan daftar ini sebagai cara untuk menyakinkan Robert bahwa ia perlu memulai budaya etika.

Tugas
Tulislah memo itu akan berisi tiga komponen utama:
1.Mulai memo Anda dengan alinea yang mengiktisarkan dampak dari kurangnya budaya etika perusahaan pada usaha anda untuk mencapai etika dalam IS.Tujuan dari alinea ini adalah mendapatkan perhatian Robert mengenai masalah etika
2.Daftarkan langkah-langkah dari rencana tindakan etika IS Anda.Untuk masing-masing tambahkan catatan,”Tingkat kesulitan” diikuti oleh nilai yang berkisar antara 0 (untuk tidak sukar) sampai 10 (untuk sangat sukar)Tingkat kesulitan itu mengangap bahwa tiak ada budaya etika .Tujuan dari bagian ini adalah menekankan bahwa budaya etika itu perlu.
3.Lanjutkan rencana tindakan Anda dengan daftar langkah-langkah lain yang Anda sarankan agar dilaksanakan dengan oleh Robert dalam menetapkan budaya etika.Untuk tiap langkah ,jelaskan secara ringkas bagaimana hal itu dicapai .Nyatakan secara jelas dukungan yang Anda berikan.

 

Jawaban nya :

Budaya Etika sangat penting di terapkan dalam organisasi kita, karena : Jika kita tidak memiliki budaya kita tidak akan mengetahui adat dan istiadat. selain itu kita tidak akan mengerti akan sopan santun dalam berorganisasi.

Berikut ini adalah hal -hal yang akan kita terapkan dalam mewujudkan Budaya Etika, SBB :

1. menerapkan sopan santun pada masyarakat. Tingkat kesulitan = 7

2. menerapkan kesejahteraan dalam berorganisasi. Tingkat kesulitan = 5

3. menerapkan kedisplinan dalam waktu. Tingkat kesulitan = 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s