DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

Posted: November 21, 2010 in Uncategorized

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

  • ARSITEKTUR KOMPUTER

Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :

–          Prosesor

–          Memori

–          Penyimpanan sekunder

–          Perangkat Input

–          Perangkat Output

Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.

Bentuk Penyimpanan Sekunder :

  • RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
  • ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
  • Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
  1. PERALATAN INPUT
    1. KEYBOARD

Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.

2.ALAT PENUNJUK

  • Mouse
  • Trackball
  • Touch Screen
  • Light Pen
  • Unit Remote Control

3. ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER

  • Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
  • Alat Pembaca Magnetis,alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).

4. ALAT INPUT PENGENAL SUARA

Unit pengenal suara (speech recognition unit)

  • Mikropon
  • Automatic Speech Recognation (ASR)
  • Touchtone

5.  ALAT INPUT VIDEO

Video Camera recorder atau Camcoder

6. ALAT INPUT PENERIMA GERAK

  • Headset
  • Glove
  • Walker

7. PENYIMPANAN SEKUNDER

  • Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
  • Hard Disk : Removable dan Non removable
  • Floppy Disk
  • Piringan Optik : CD, DVD
  • USB Flash Disk
  • Smart Card
  • Kartu memori
  1. PERALATAN OUTPUT

Dibagi menjadi dua, yaitu :

a). Softcopy, terdiri dari dua jenis :

  • Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
  • Audio

b). Hardcopy, terdiri dari :

  • Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
  • Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Le bar
  • Computer Output Microfilm (COM)

SOFTWARE

Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Perangkat Lunak Sistem
  • Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
  • Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
    • Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX

Ada enam fungsi dasar sistem operasi :

  1. Menjadwalkan Tugas
  2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
  3. Menjaga keamanan sistem
  4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
  5. Menangani Interrupt
  6. Menyiapkan catatan pemakaian
  • Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
  • Penerjemah Bahasa Komputer

–          Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)

–          Bahasa Generasi Kedua, Assembler

–          Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter

–          Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :

  1. Database Query Language
  2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
  3. Very High Level Language : PASCAL, APL
  4. Graph Generators : paket grafik
  5. Report Writer : COBOL, RPG
  6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji

Perangkat Lunak Aplikasi

Pemrograman Sendiri

Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.

Paket Jadi

Ada empat kelompok besar :

  • Paket Aplikasi Bisnis Umum
  • Paket Aplikasi Khusus Industri
  • Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
  • Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan.

PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH

Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

Adapun Gambar dari Dasar-Dasar Pemrosesan Komputer sebagai berikut :

Permasalahan Kasus

BARGAIN CITY
Karir Anda sedang menanjak lebih cepat dari yang Anda perkirakan. Anda berpikiran bahwa kesarjanaan SIM Anda memungkinkan Anda bekerja sebagai programer bagi Bargain city.Bargain City adalah suatu jaringan pengecer yang mengikuti Model Wal-Mart.tetapi,pengunduran diri tiga analis sistem mengubahnya .Para analis keluar untuk membentuk perusahaan konsultan mereka sendiri.
Karena bos Anda , Alias Ernst tahu bahwa Anda menonjol dalam analisis sistem kuliah,maka ia memutuskan untuk mejadikan Anda analis sistem.Ia segera memberi Anda penugasan yang pertama.Alisa mengatur agar anda mengunjungi suatu tko untuk mengenal kegiatan di tingkat toko.Ia mengharapkan anda mempersiapkan suatu laporan tertulis yang dapat menjadi dasar proyek sistem dimasa yang akan datang.
Anda tiba di toko West Alameda pukul 9 pagi,an terkejut karena banyak orang yang sedang berbelanja.Tempat parkir penuh,dan anda harus menunggu 10 menit untuk mendapatkan tempat parkir.Di dalam kondisinya tiak lebih baik.Toko tersebut besar ,dengan lima belas tempat kasir.tapi hanya empat yang buka .Pada tiap tempat kasir,salah satunya adalah jalur ekspres,terdapat antrian pembeli yang panjang.Untung Anda tiak membeli apa pun.Karena Anda hanya mengadakan penelitian sitem,anda dapat segera keluar.
Anda mengamati kegiatanitu sebentar kemudian pergi ke gudang.Saat itu tiga orang petugas gudang sedang membuka kotak-kotak.Anda mendengar salah seorang berkata:,”Sudah kamu temukan?”karena ingin tahu,Anda memperkenalkan diri dan menanyakan apa yang sedang mereka cari.Salah seorang petugas itu memberitahu Anda bahwa toko ini memiliki kekhususan alat-alat masak,tetapi kehabisan cairan penyala arang.Truk yang seharusnya membawa persediaan rusak di Tuba City.Habisnya cairan penyala merupakan salah satu penyebab antrian yang panjang.Petugas kasir harus memberikan kupon yang menandakan pembeli telah memesan barang tersebut.Anda dapat mengerti mengapa para petugas gudang sangat kesulitan,gudangnya benar-benar berantakan.karton-karton ditumpuk dimana-mana,tanpa suatu aturan tertentu.
Anda menanyakan letak komputer toko tersebut,dan diantarkan kesuatu ruang kecil di pojok.Anda berpikir disinilah otomatisasi sedang berkerja .
Setelah melihat operasi dibelakang,anda kembali ke depan antrian panjang-orang-orang yang menunggu untuk menguangkan cek dan mengembalikan pembelian.Sebagian besar pengembalian tampaknya barang pecahn belah yang ternyata pecah saat pelanggan membuka kantong belanja mereka dirumah.Petugas pengantong tampaknya tidak mengemas dengan baik.
Saat Anda akhirnya mencapai kepala antrian ,Anda terkejut melihat bahwa kasirnya sebenarnya adalah manjer toko.Ia meminta Anda untuk kembali saat ia memiliki waktu.Ia menjelaskan bahwa ia terpaksa “memberhentikan banyak orang”untuk tetap dalam anggaran yang ditetapkan kantor pusat.Dari cara ia memberikan penjelasan Anda dapat melihat bahwa ia tidak senang dengan seluruh situasi tersebut.Anda memutuskan untuk tidak tetap tinggal .Anda pamit dan kembali ke kantor Anda untuk menjulis laporan selagi semuanya masih teringat jelas.

Tugas
Siapkan memo untuk Alisa .Dialah manajer dari para analis sistem.Pertama-tama,daftarkan masalah sistem fisik toko West Alameda.Untuk tiap masalah ,identifikasikan tindakan perbaikan yang mungkin.Kemudian lakukan hal yang sama untuk sistem konseptual .Buatlah dan gunakan termilogi sistem dari bab ini. Alisa juga mendapat pelajaran SIM di kuliah.

 

Jawabanya :

setelah saya melihat isi pada toko anda, saya menyimpulkan perlu diadakan nya perubahan sistem pada toko sbb :

1.  perlu diadakan pencataan dan pendataan jumlah barang yg ada digudang secar asistem matis dan prosuderal tang mencakup beberapa kriteria sebagai berikut : – pengkodean sejenis barang dan lokasi barang yg ada digudang, – jumlah persediaan barang yg ada digudang, – jumlah persediaan barng yang ada di toko.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s