Perbankan Syariah Harus Kreatif Dalam Serap Kredit

Posted: April 3, 2010 in Uncategorized

Perbankan Syariah yang beroperasi di Jawa Timur didesak untuk lebih banyak kreatif di dalam meningkatkan daya serap kreditnya, sehingga tidak hanya terpaku pada memperbagus  margin perseroan saja.

Data kantor Bank Indonesia (KBI) Surabaya menunjukkan perolehan laba bank Syariah di Jatim terus meroket. Pada Desember 2009, margin tersebut mencapai Rp170,83 miliar, naik 17,9% dibanding dengan posisi di bulan sebelumnya senilai Rp167,7 miliar.

Secara terperincian perkembangan tingkat laba perbankan syariah di Jatim selama 2009 sebagai berikut: Pada bulan Januari mencapai Rp 5,8 miliar, bulan Februari Rp32,7 miliar, bulan Maret Rp47,0 miliar, bulan April Rp62,5 miliar, bulan Mei Rp77,5 miliar, bulan Juni Rp97,2 miliar, bulan Juli Rp114,7 miliar, dan bulan Agustus Rp 134,2 miliar. Berikutnya pada bulan September sedikit terkoreksi menjadi Rp125,8 miliar.

Namun pada bulan Oktober margin tersebut kembali meroket hingga Rp146,1 miliar, bulan November Rp 167,7 miliar, dan bulan Desember Rp170,83 miliar.

Menurut Pemimpin Bank Indonesia Surabaya Muhammad Ishak, tingginya tingkat margin bank lebih banyak disebabkan karena fungsi intermediasi lembaga tersebut yang relatif rendah. Bank juga tidak dapat disalahkan sepenuhnya, pasalnya selama 2009 tingkat penyerapan kredit terutama untuk sektor riil juga rendah.

Walaupun begitu, kami berharap, untuk ke depannya perbankan syariah juga harus mempunyai berbagai terobosan guna meningkatnya penyerapan dalam pengkreditan.

Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Jatim Ersyam Fansuri mengatakan masih rendahnya ekspansi kredit bank syariah karena menghindari risiko kredit macet. “Hampir semua mengetahui kondisi usaha pada tahun lalu masih dibayang-bayangi krisis global,” ujarnya.

Akan tetapi, untuk ke depannya hampir semua bank syariah di Indonesia sudah memiliki berbagai strategi untuk menggenjot atau meningkatkan kreditnya. Bahkan di antara mereka sudah mulai mencoba menyalurkan kredit dengan sistem gadai, terutama gadai emas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s